Thursday, December 8, 2011

Laptop, Komputer Tablet, dan Smartphone

Komputer mutakhir dipasarkan dalam berbagai bentuk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan faktual maupun sekedar sebagai pemenuhan gaya hidup modern. Sampai saat ini, bermunculan berbagai jenis perangkat (yang secara populer disebut sebagai gadget atau gizmo, merujuk pada perangkat kecil dan canggih pada zamannya) yang dikategorikan sebagai laptop (secara fungsional merupakan komputer lengkap dengan fasilitas penyimpan berupa hardisk dan CD/DVD drive, meskipun pada jenis netbook CD/DVD drive ditiadakan), komputer tablet (secara fungsional merupakan komputer dengan peranti penyimpan berupa kartu memori dan interfacenya menggunakan layar sentuh), dan smartphone atau ponsel cerdas (secara fungsional merupakan telefon seluler, tetapi memiliki kemampuan komputasi sehingga bisa digunakan sebagai pengolah informasi).

Oleh karena pada dasarnya ketiga gadget tersebut adalah "komputer" yang dapat diprogram atau menjalankan program maka ketiganya memiliki sistem operasi. Pada laptop atau netbook, sistem operasi yang lazim digunakan (artinya dipasang pada sebagian besar perangkat) adalah sistem operasi Windows, Linux (dan turunannya), dan MacOS. Komputer tablet lazim menggunakan sistem operasi Windows Mobile, Android, IphoneOS atau iOS (Apple Inc),  dan BlackBerry Tablet OS (QNX). Smartphone atau ponsel cerdas menggunakan sistem operasi antara lain: Android (buatan Google), Symbian (buatan Nokia), dan Blackberry OS (buatan Research In Motion).

Beberapa jenis gadget mutakhir (dinamai menurut nama dagangnya) saat ini antara lain:
  1. iPad (merupakan komputer tablet, dibuat oleh Apple Inc.);
  2. Samsung Galaxy Tab (merupakan komputer tablet, dibuat oleh Samsung dalam berbagai versi dan ukuran layar monitor);
  3. iPhone (merupakan ponsel cerdas, dibuat oleh Apple Inc.); 
Smartphone
Smartphone adalah ponsel yang memiliki kemampuan komputasi sehingga bisa digunakan sebagai pengakses maupun pengolah data/informasi. Informasi lebih lanjut mengenai smartphone dapat dilihat pada situs-situs berikut ini:
  1. What is smartphone dari About.com
  2. Dari Wikipedia berbahasa Inggris
  3. Sejarah dalam bentuk gambar
  4. Telepon pintar (dari Wikipedia berbahasa Indonesia)
Komputer Tablet
Komputer tablet adalah komputer portabel dan mobil yang ukurannya lebih besar dari ponsel maupun PDA (personal digital assistant)  yang menggunakan navigasi layar sentuh, keyboard virtual, ataupuan dengan stylus. Informasi lebih jauh mengenai komputer tablet dapat dibaca pada:

  1. Komputer tablet dari Wikipedia berbahasa Indonesia
  2. Komputer tablet dari Wikipedia berbahasa Inggris
Komputer tablet yang populer di Indonesia antara lain: iPad, Samsung Galaxy Tab, Blackberry Playbook, HTC Flyer, Huawei Ideos.

No comments:

Post a Comment